Tuesday, July 06, 2004

APA YANG KUCARI?

satu persatu bebanku luruh
jatuh ke bumi yang seperti seorang ibu masih mendukungku
tapi beban-beban baru terbentuk seperti kanker
menyumbat nafas dan aliran darahku

apa yang kucari?
kedamaian dan ketenangan?

kotak demi kotak pengalaman aku buka
kucari-cari dalam setiap lembar referensi
yang kucatat di hati
tapi belum juga kutemukan ketenangan

kubongkar lemari tempat aku menyemayamkan idealisme masa mudaku
di setiap sudut kutemukan debu kekecewaan
yang membuatku terbatuk-malu
betapa dulu aku penuh antusiasme dan keyakinan

apa yang kucari?
tujuan atau sekedar pencapaian maksimal?

lelah meneliti setiap sudut rumah jiwa
aku terduduk merenung
sebuah pertanyaan yang terus menggantung di bibirku tak jua terucap
kenapa aku ada? untuk apa aku ada?

apa yang kucari?
kebenaran atau pelipuran hati?

sampai kubuka akhirnya petunjuk semesta
yang dimampatkan kedalam lembaran-lembaran cetakan karya manusia
didalamnya kudapatkan penjelasan dari Yang Maha Rahman:
..dan tidaklah KU ciptakan jin dan manusia selain untuk beribadat pada KU.

lantas timbul lagi pertanyaan di kepalaku
apa yang dimaksud dengan beribadah? jangan-jangan konsepku melenceng
apakah ibadah itu pada tubuh? atau pada hati? atau pada makna?
aku terus bertanya-tanya sampai mengesalkan diriku sendiri

apa sebenarnya yang kucari?
ketidakpuasan dalam pertanyaan atau kesejatian yang tertinggi?

jangan-jangan yang kucari diriku sendiri..
jangan-jangan yang kuinginkan hanya memandangi Wajah Terindah
yang tak mampu terbayangkan oleh hati


0 Comments:

Post a Comment

<< Home